Tips Presentasi Penjualan Tanpa Grogi

Sering kali seorang salesman merasa gugup ketika ingin presentasi tentang produk mereka kepada klien. Pada saat itu seluruh kemampuan serasa hilang tidak ada energi, lalu bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Pada dasarnya kunci suksesnya hanya ada pada diri anda sendiriĀ  dalam mempersiapkan materi tentang produk anda tersebut, kali ini saya akan membagikan sedikit tips agar bisa mengatasi hal tersebut.

 

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah pola pikir anda bahwa pentingnya diri anda bagi seorang klien untuk mempresentasikan produk anda, anggap saja klien tersebut butuh produk anda dan ingin mendengarkan produk anda melalui presentasi tersebut. Bagi anda, anda adalah orang yang tepat untuk menawarkan produk tersebut kepada klien anda, dan keyakinan harus anda tumbuhkan dalam hal itu.

 

  • Persiapkanlah segala materi yang ingin anda tawarkan kepada klian anda tersebut, tentunya materi yang sanggup memberikan penjelasan sebaik mungkin sehingga klien benar-benar mengerti dan merasa butuh akan produk anda tersebut. Jika dirasa perlu persiapkan juga alat pendukung untuk mempersiapkan materi anda tersebut, seperti alat peraga, laptop, gadget dan sebagainya.

 

  • Penampilan anda harus anda perhatikan dan benar-benar dijaga, penampilan berpengaruh pada citra diri anda nantinya yang akan di pandang dari sisi kllien, berikan kesan bahwa anda adalah orang yang layak di percaya dan yakin bahda produk anda itu adalah produk yang baik untuk di beli.

 

  • Fokuslah kepada kenyamanan berbicara dengan klien, jangan terlalu memaksakaan ke produk anda yang harus terbeli oleh klien anda, jika anda bisa membuat nyaman klien, secara tidak langsung klien akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Tinggal langkah selanjutnya bagaimana nantinya anda mengelola hubungan yang baik dengan klien untuk mendapat goal dari penjualan produk anda tersebut.

 

tentunya masih banyak hal lagi yang harus dipelajari dalam proses ini, pada dasarnya yang harus anda pelajari adalah mempelajari setiap klien yang anda hadapi pada saat presentasi, dari bagaimana karakter, sikap danĀ  perkataan klien anda. Usahakan di setiap pembicaraan anda tidak menampilkan kesan membosankan.